Pembelajaran Era Industri 4.0

Yasiska telah merintis untuk menuju Sekolah yang menerapkan pembelajaran era industri 4.0 atau 5.0

Perubahan era Industri

Bp Ismul Bathni ST,M.Pd menyatakan bahwa arah kebijakan model pembelajaran Era industri secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Guru Fokus pada Evaluasi daya serap dan perkembangan siswa bukan pada menerangkan dan menjelaskan pelajaran dikelas.

Evaluasi pembelajaran

Jika selama ini guru sibuk menerangkan dan menjelaskan pelajaran dikelas maka pada pembelajaran era industri guru lebih fokus pada evaluasi daya serap siswa dan perkembangan siswa baik sisi kemampuan religius, sikap dan keterampilan, lalu bagaimana dengan proses pembelajaran? karena itu perlu pengganti kegiatan penjelasan dan menerangkan di kelas caranya adalah,,,

2. Guru menggunakan Video tutorial & Ebook dalam proses pembelajaran

Dalam proses pembelajaran guru diharapkan memiliki keterampilan membuat video tutorial sendiri, atau media lain misalnya handbook atau modul yang keseluruhannya adalah media elektronik bukan kertas (ebook). Media ini dapat menggantikan aktifitas menerangkan dikelas, selanjutnya siswa dapat mengakses video dokumen elektronik tersebut melalui media Hp, tablet, laptop dan melakukan aktifitas belajar secara aktif. tugas guru adalah memantau dan melakukan review serta evaluasi yang di umpan balikkan kepada siswa sehingga siswa akan merasa di hargai karena telah di review dan di perhatikan.

3. Aplikasi penghubung media guru dan siswa

Agar dapat mengakses video/ebook yang disipkan guru perlu aplikasi penghubung, dalam hal ini yasiska telah berkerjasama dengan deluvisnet menggunakan aplikasi Zawia Ta’lam (Pojok Belajar).

Dalam aplikasi Zawia Ta’lam (ZT) memungkinkan guru dapat mengirimkan Materi belajar, Menerima Tugas yang dikirim siwa dan melakukan tes sebgai acuan dalam melakukan evaluasi pembelajaran.

Tampilan Zawia Ta’lam

Zawia Ta’alam :

  1. Tombol “Materi “: berisi daftar materi yang dapat diakses oleh siswa
  2. Tombol “Kirim” : Berisi form mengirim tugas, tugas yang dikirim dapat berupa file atau photo.
  3. Tombol “Post Tes” : Menuju aplikasi CBTDELNET, aplikasi tes tulis baik pilihan ganda atau uraian

4. Aplikasi Tes berbasis Komputer (CBT)

Guru mampu menggunakan CBT secara optimal, berkaitan dengan aplikasi CBT yang digunakan adalah aplikasi CBT DELNET, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan dari pada aplikasi CBT lainnya antara lain:

  • Simpel dan mudah pengguaannya. soal dari word atau pdf dapat dikonversi dengan mudah dan diimpor ke aplikasi
  • Memiliki Fitur Analisis. Aplikasi ini dilengkapi dengan analisis soal dan analisis hasil belajar, pemetaan kemampuan siswa. dengan aplikasi ini guru dapat mengetahui soal mana yang sukar dan belum di kuasai siswa, bahkan dengan analisis siswa, guru dapat mengetahui daya serap siswa 1 per satu.
  • Terbukti bekerja dengan ringan dan cepat.

Aplikasi ini bukan hanya digunakan untuk PTS atau UAS tetapai guru bisa menggunakannya secara luas untuk Penilaian Harian, Polling siswa , Tes Sikap, Tryout dan lain-lain. Jadi dalam skema pembelajaran sebagai berikut:

Skema Pembelajaran era industri 4.0

5. Peningkatan Kompetensi Guru bidang IT

Melaksanaan Pelatihan dan workshop untuk mengupgrade kompetensi guru fokus pada mampu membuat video pembelajaran dan ebook, mampu menggunakan aplikasi ZT , mampu menggunakan Aplikasi CBTDELNET

6. Peningkatan Kompetensi Guru bidang Evaluasi Pembelajaran

Melaksanaan Pelatihan dan workshop untuk mengupgrade kompetensi guru fokus pada MindMap, Analisis Soal, Analis Siswa, Evaluasi Pembelajaran.