[KURIKULUM MTs YASISKA |Bab I Pendahuluan]
B. Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Madrasah/madrasah. Madrasah/madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh Madrasah kami, sehingga visi Madrasah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil Madrasah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi Madrasah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki Madrasah/madrasah, (2) harapan masyarakat yang dilayani Madrasah/madrasah.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah, sehingga visi Madrasah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat: (1) filosofis, (2) khas, (3) mudah diingat. Berikut ini merupakan visi yang dirumuskan oleh Madrasah kami, MTs YASISKA.
Visi MTS YASISKA
“Pendidikan Bermutu dan merata untuk menuju Masyarakat Bertakwa, Berilmu dan Sejahtera”
Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga Madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan Madrasah.
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita Madrasah yang:
- Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
- Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
- Pendidikan bermutu untuk semua kalangan masyarakat
- Pendidikan umum yang tetap mengutamakan kemampuan religius
- mendorong adanya perubahan yang lebih baik menuju kesejahteraan
Misi MTS YASISKA
Berdasarkan Visi tersebut maka disusun misi yang akan diperjuangkan oleh MTs YASISKA dalam implementasi nyata pada masyarakat, misi tersebut adalah:
- Menyelenggarakan Pendidikan bermutu dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berakhlak mulia.
- Menumbuhkan semangat berkeunggulan secara intensif kepada seluruh warga Madrasah.
- Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
- Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
- Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak tinggi, dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.
Tujuan MTS YASISKA
Tujuan Madrasah kami merupakan jabaran dari visi dan misi Madrasah agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut:
- Unggul dalam kegiatan keagamaan dan kepedulian Madrasah.
- Unggul dalam perolehan nilai UAN.
- Unggul dalam persaingan masuk ke jenjang SMA negeri.
- Unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi tersapan komputer dan elektronika
- Unggul dalam berbudaya tinggi, budaya bersih, budaya baca dll
- Unggul dalam lomba olah raga, kesenian, PMR, Paskibra, dan Pramuka.
- Unggul dalam kebersihan dan penghijauan Madrasah.
Tujuan Madrasah kami tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Madrasah Madrasah Tsanawiyah yang dibakukan secara nasional, sebagai berikut:
- Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama yang diyakini dalam kehidupan.
- Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
- Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media.
- Menyenangi dan menghargai seni.
- Menjalankan pola hidup bersih, bugar, dan sehat.
- Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.
Selanjutnya, atas keputusan bersama guru dan siswa, SKL tersebut lebih kami rinci sebagai profil siswa MTs YASISKA sebagai berikut:
- Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa.
- Mampu berbahasa Inggris secara aktif.
- Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan olah raga, sesuai pilihannya.
- Mampu mendalami cabang pengetahuan yang dipilih.
- Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program microsoft word, exsel, dan desain grafis.
- Mampu melanjutkan ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri.
- Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kecamatan, kodya, propinsi, dan nasional.
- 8. Mampu memiliki kecakapan hidup personal, sosial, environmental dan pra-vocasional.